Waspadai Jenis-jenis Kanker Kulit beserta Gejalanya



Kanker Kulit merupakan kelainan pada sel kulit yang disebabkan oleh adanya mutasi DNA sel yang tidak normal. Jenis kanker ini biasanya menyerang orang dengan pigmen kulit yang putih. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan apabila hal ini bisa terjadi juga pada orang yang berkulit gelap. Kanker kulit yang paling umum terjadi yaitu terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. 


Kanker kulit biasanya tumbuh pada epidermis (lapisan paling luar kulit) sehingga tumor dapat terlihat jelas dari luar. Sehingga kanker jenis ini, sangat mudah untuk kita ketahui gejalanya. Jenis kanker satu ini juga termasuk kanker yang paling sedikit menyebabkan kematian.  

JENIS-JENIS KANKER KULIT BESERTA GEJALANYA 

1. Melanoma. Adalah jenis kanker yang berkembang dari pigmen yang mengandung sel melanosit. Melanoma biasanya terjadi pada kulit, namun jarang ditemui pada usus atau mata dan termasuk juga kedalam jenis kanker yang jarang. Gejala melanoma pada umumnya adalah:
  • Terdapat benjolan berwarna cokelat dengan bintik hitam di benjolan tersebut.
  • Bentuk tahi lalat yang tidak biasa dan semakin tambah besar.
  • Perubahan warna pada tahi lalat
  • Pembengkakan kelenjar.
  • Tahi lalat yang berdarah serta rusak.
  • Sesak nafas, serta kejang.
  • Nyeri tulang (jika sudah menyebar ke tulang)
  • Masalah penglihatan (jika melanoma sudah menyebar ke otak).
  • Sakit kepala.
2. Karsinoma Sel Basal (Basal Cell Carcinoma, BCC) merupakan tumor ganas kulit yang paling banyak ditemukan, yang berasal dari sel-sel nonkeratinisasi yang berada pada lapisan basal epidermis. BCC umumnya terjadi pada darah yang sering terkena sinar matahari seperti leher atau wajah.Gejalanya seperti, terdapat benjolan jinak dan mengikat pada kulit. Lesi berbentuk datar pada kulit berwarna gelap atau cokelat kemerahan seperti daging. 

3. Karsinoma Sel Skuamosa (SCC) jeni ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum. Jika tidak dirawat kanker ini akan tumbuh menjadi besar dan menyebar ke bagian lain tubuh dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Gejala yang dapat ditimbulkan adalah, benjolannya terasa keras pada kulit, lesi pada kulit yang berbentuk datar serta bersisik keras layaknya kerak. 

Demikianlah artikel mengenai Jenis kanker kulit beserta gejalanya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Waspadai Jenis-jenis Kanker Kulit beserta Gejalanya :

Powered by Blogger.